Bahaya Dan Pengendalian Sampah Plastik

Tentunya setiap hari anda berhubungan dengan plastik. Lalu, apakah anda tahu bahayanya sampah plastik? Dan masih bingung cara mengatasinya? Simak bagaimana bahaya dan pengendalian sampah plastik berikut ini.

Kehidupan manusia sulit dipisahkan dengan plastik. Setiap harinya, pasti menggunakan plastik untuk berbagai keperluan.

Diperkirakan bahwa dalam satu hari manusia paling tidak menggunakan 5 plastik. Itu artinya, setiap orang menyumbang 5 sampah plastik per harinya.

Sampah plastik sangat banyak. Penyebab sampah plastik dari rumah tangga, industri, kantor, instansi, dan sebagainya.

Sampah plastik berupa botol plastik, kantong plastik, pembungkus makanan, ember, dan sebagainya. Supaya produksi sampah plastik berkurang, perlu pengetahuan tentang bahaya dan pengendalian sampah plastik.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Plastik merupakan jenis bahan yang tidak dapat diuraikan. Hal ini menyebabkan plastik menjadi sampah paling banyak.

Walaupun plastik memberikan peran besar untuk manusia, tapi memiliki dampak yang berbahaya. Agar sampah plastik tidak semakin banyak, mari simak uraian tentang bahaya dan pengendalian sampah plastik.

  • Bahayanya Sampah Plastik

Apakah anda pernah mendengar berita tentang paus mati yang di dalam tubuhnya penuh plastik? Itu salah satu bahaya sampah plastik.

Sampah plastik yang dihasilkan, akan terkumpul di berbagai tempat seperti laut, sehingga mengganggu kehidupan mahkluk hidup laut.

Sedangkan, plastik di tanah akan mengganggu penyerapan air , tercemarnya tanah, mengganggu kesuburan tanah,  dan membunuh hewan pengurai. Plastik di sungai mengganggu ekosistem bahkan berpotensi banjir.

Selain itu, plastik berpotensi menganggu rantai makanan dimana manusia termasuk di dalamnya. Plastik yang semakin banyak tidak dapat terurai walaupun termakan oleh hewan dan hewan.

Hal ini akan menjadi racun berantai sesuai dengan urutan rantai makanan. Di mana manusia ikut berperan dalam mengkonsumsi hewan dan tumbuhan. Oleh sebab itu anda wajib mengetahui bahaya dan pengendalian sampah plastik.

  • Cara Pengendalian Sampah Plastik

Produksi sampah plastik dapat dikurangi dengan melakukan diet plastik seperti menggunakan barang non plastik. Jika anda berbelanja, maka membawa kantong sendiri seperti totebag.

Anda juga dapat membawa wadah sendiri ketika jajan makanan atau minuman. Serta tidak membeli jajanan yang menggunakan plastik atau yang berpotensi meningkatkan sampah plastik.

Untuk sampah plastik yang sudah ada, anda dapat memanfaatkannya. Manfaat sampah plastik yaitu menjadi bahan berbagai kerajinan seperti gambar, tas, kursi, meja, atau membuangnya di tempat sampah organik dan anorganik.

Anda juga dapat menggunakan kembali plastik seperti sebagai wadah media tanam atau menggunakannya sebagai kantong.

Itulah bahaya dan pengendalian sampah plastik. Gunakanlah plastik seminimal mungkin. Sehingga produksi sampah plastik dapat dikurangi.