Yess..! Ini Dia Cara Membuat Abon Sapi Gurih Bergizi, TERBUKTI..!

Cara Membuat Abon Sapi – Sebagai orang Indonesia, Anda pasti sudah makan daging suwir, bukan? Ya, makanan asli Indonesia ini telah menjadi salah satu makanan populer di masyarakat, selain rasanya yang enak, harganya juga sangat terjangkau. Dan apakah Anda sudah tahu cara membuat abon sapi rumahan yang renyah dan lezat?

Abon sapi adalah salah satu produk olahan dari daging sapi. Makanan ini termasuk makanan yang disukai karena dapat digunakan sebagai lauk dan memiliki nilai gizi tinggi. Abon adalah makanan yang dibuat dari abon atau serat terpisah, kemudian ditambahkan bumbu dan digoreng.

Daging yang biasa digunakan untuk membuat abon sapi atau kerbau. Dan secara umum, orang tahu abon sapi. Namun, semua jenis daging termasuk ikan dan ayam dapat digunakan untuk membuat daging parut.

Cara Membuat Abon Sapi Spesial

Dengan berbagai keunggulan ini, tentunya membuka prospek dan peluang besar untuk mengembangkan industri baru, mulai dari industri skala kecil atau rumah tangga.

Menjawab minat Anda tentang cara membuat abon sapi, di sini kami mengirimkan Tips dan Resep untuk Cara Membuat Daging Abon Sapi Praktis yang dapat Anda lakukan sendiri.

Bahan-bahan Pembuatan Abon Sapi

  •     Siapkan 5 kg Daging Sapi
  •     Siapkan Ketumbar 25 g
  •     Kemiri 125 g
  •     Gula merah 350 g
  •     Bawang Merah 150 g
  •     Bawang putih 50 g (gunakan mesin pengiris bawang)
  •     Garam dapur 200 g

Cara Membuat Abon Sapi

  1.     Daging sapi dipotong menjadi daging daging. Lemak dan jaringan ikat dikeluarkan dari seluruh permukaan, kemudian dipotong menjadi ukuran 4 x 4 x 4 cm. Selanjutnya dicuci dengan air bersih, sehingga terbebas dari kotoran dan sisa darah.
  2.     Daging yang disiapkan di atas beratnya 5 kg, atau sesuai keinginan Anda.
  3.     Kemudian rebus potongan daging ke dalam air mendidih selama 30-60 menit.
  4.     Setelah selesai, kemudian didinginkan, dan hancurkan daging yang telah direbus, kemudian pisahkan serat dengan pisau atau agar lebih mudah bisa menggunakan mesin abon daging.
  5.     Hancurkan ketumbar, kemiri, gula merah, bawang merah, bawang putih, dan garam sesuai dengan dosis menjadi satu. Hancurkan sampai halus, campur, dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  6.     Timbang daging kelapa seberat 3 kg, lalu parut dan peras santan dengan menambahkan air panas yang cukup.
  7.     Tambahkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, tambahkan ke daging yang telah dicacah menggunakan mesin pembuat abon sapi (dipisahkan dalam bentuk serat daging) dan disiapkan bumbu, aduk hingga merata, kemudian panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.
  8.     Panaskan 0,5 kg minyak goreng dalam wajan di atas kompor dengan api sedang, masukkan daging yang telah disiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna coklat muda, lalu tiriskan secara manual, atau bisa juga tiriskan minyak menggunakan tiriskan minyak parut lalu dinginkan.
  9.     lalu akhirnya kemasan abon yang diproduksi dalam kantong plastik atau kemasan lain, atau bisa langsung dimakan jika Anda ingin mencicipinya.

Manfaat Abon Sapi

1. Pertahankan daya tahan

Daging sapi abon memiliki senyawa selenium yang sangat baik dalam membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, abon sapi dipercaya dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

2. Mencegah anemia

Daging sapi dapat meningkatkan produksi sel darah merah karena kandungan besinya. Hasilnya, abon sapi dapat mencegah Anda dari anemia. Selain itu, kandungan abon sapi dapat membantu mengatur suhu tubuh dan membawa karbon dioksida ke tempat pembuangan sampah.

3. Menjaga kesehatan tulang

Abon sapi mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D yang membantu perkembangan tulang. Anda juga dapat menghindari osteoporosis, karena abrasi menjaga struktur tulang dan kepadatan tulang.

4 Rasa kenyang bertahan lebih lama

Mengandung lemak dari proses penggorengan, abon sapi dapat memberikan efek penuh yang tahan lama. Jadi, Anda akan menghindari makan berlebihan.

Itulah manfaat dari abon sapi, yang dikenal sebagai lauk bergizi, praktis, dan ekonomis. Mudah dibawa kemana-mana dengan masa kedaluwarsa sekitar enam bulan. Harganya relatif terjangkau, sekitar Rp. 35-100 ribu. Apakah Anda termasuk pecinta abon sapi?

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Abon Sapi Gurih dan Renyah, semoga ini bisa menjadi bahan referensi Anda untuk membuat abon sendiri dirumah, dan bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha abon. Dan Anda juga dapat menggunakan alat pehangat makanan.