Cara Membuat Keripik Jengkol Yang Enak Dan Berkhasiat

Keripik jengkol adalah salah satu jenis makanan ringan yang termasuk dalam kelompok makanan ringan. Keripik jengkol adalah jenis makanan ringan yang sengaja dibuat dari bahan dasar, jengkol.

Makanan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih dan juga bisa digunakan sebagai lauk bagi teman makan nasi, juga bisa dimakan dan dipadukan dengan makanan seperti bakso atau sup. Berbeda dengan cara membuat keripik terong, keripik ini memiliki bau khas dari jengkol.

Jengkol adalah bahan makanan dalam bentuk lalab, dan untuk saat ini harga jengkol cukup mahal, harganya hampir sama dengan daging. Banyak jenis makanan dibuat dari bahan jengkol, misalnya keripik jengkol yang akan saya bagikan kepada Anda semua penggemar jengkol.

Jengkol dikenal karena baunya yang khas, tetapi ternyata jengkol memiliki khasiat luar biasa. Berikut ini penjelasan cara membuat keripik jengkol yang renyah dan makna lainnya.

Apa itu Jengkol?

Jengkol atau jaring (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah tanaman khas wilayah Asia Tenggara, negara-negara Barat sering menyebutnya sebagai buah anjing.

Benih tersebut populer di Malaysia (disebut “jering”), Myanmar (disebut “da nyin thee”), dan Thailand (disebut “luk-nieng” atau “luk neang”). Orang Indonesia mengenalnya sebagai bahan makanan.

Jengkol termasuk dalam suku legum (Fabaceae). Buahnya dalam bentuk polong dan bentuknya tergencet menjadi bentuk spiral, ungu gelap.

Biji buah berkulit tipis dengan warna cokelat mengkilap. Jengkol dapat menyebabkan bau tidak sedap dalam urin setelah diproses dan diproses oleh sistem pencernaan, terutama jika dimakan segar sebagai sayuran.

Jengkol dikenal dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol juga diperkirakan memiliki kemampuan untuk menyerap air tanah yang tinggi sehingga dapat berguna dalam menghemat air di suatu tempat.

Cara Membuat Keripik Jengkol

Bahan Cara Membuat Keripik Jengkol:

  •     1 kg jengkol
  •     2 kg tepung tapioka
  •     300 ml air hangat
  •     50 gr bawang putih tumbuk
  •     2 liter minyak goreng
  •     Rasa sesuai selera
  •     Garam secukupnya

Cara Membuat Keripik Jengkol:

  1.     Pertama-tama bersihkan jengkol, kemudian kupas, cuci sampai benar-benar bersih, kemudian rendam dalam air bersih selama sekitar 20 menit kemudian setelah mengganti air dan rendam lagi selama 20 menit. Lakukan hingga minimal 3 kali, jika Anda sudah mengangkat dan menguras
  2.     Kedua, siapkan wajan untuk menuangkan air dan tambahkan jengkol, tambahkan garam kemudian rebus jengkol sampai kulit terkelupas, terangkat, dan tiriskan.
  3.     Bersihkan epidermis jengkol, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan tepung tapioka, bawang putih halus, air hangat, garam dan juga jangan lupa bumbu, uleni sampai semua bahan tercampur rata.
  4.     Bentuk bulat memanjang seperti lontong, dibungkus dengan daun pisang atau bisa juga plastik, kemudian dikukus selama sekitar 40 menit atau sampai matang kemudian angkat dan dinginkan.
  5.     Setelah dingin diiris tipis – tipis campuran lalu keringkan di bawah sinar matahari hingga benar – benar kering.
  6.     Setelah kering, goreng keripik dalam banyak minyak dan dengan api sedang, goreng sampai matang kemudian angkat dan tiriskan bisa menggunakan mesin spinner peniris minyak.

Manfaat Jengkol

Sumber Protein

Seperti yang Anda ketahui bahwa tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup. Umumnya, kita mendapatkan asupan protein dari daging, tahu, tempe, susu, dan juga makanan lainnya.

Tahukah Anda bahwa jengkol bisa menjadi sumber protein? Kandungan protein dalam jengkol juga diyakini melebihi kandungan protein dalam kacang hijau.

Itulah cara membuat keripik jengkol yang saya rekomendasikan untuk Anda, tidak sulit bukan? tentu tidak jika Anda ingin mencoba. Semoga resep cara membuat keripik jengkol kali ini bermanfaat buat kalian, semoga sukses di rumah.

Jika Anda tidak ingin repot menggoreng keripik jengkol secara manual, sekarang ada mesin penggoreng vakum yang membantu Anda dengan bisnis menggoreng Anda. Anda juga dapat mencoba alat panen padi untuk membantu anda dalah hal pertanian.