Cara Mengatasi Resiko Kerugian Dalam Menjalankan Usaha Catering

Selain menjanjikan keuntungan yang besar, bisnis catering nasi kotak murah pun memiliki resiko kerugian yang cukup tinggi.

Tapi masalah yang sering dihadapi pengusaha di bidang kuliner, nasi kotak, catering harian, catering prasmanan dan lainnya ini tidak perlu dikhawatirkan. Karena dimana-mana semua usaha tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa dihindari.

Untuk mengurangi resiko kerugian saat menjalankan  usaha catering, kamu harus menyiapkan langkah antisipasi untuk mengatasinya, supaya kerugian bisa dicegah atau dikurangi.

Meskipun tidak bisa menghindari 100% tapi setidaknya tips ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengurangi serta meminimalisir kerugian bagi penyedia jasa catering.

Masalah yang sering dihadapi oleh pengusaha catering :

Faktor internal :

  1. Faktor citarasa makanan yang kurang enak di lidah
  2. Faktor kesalahan dalam memilih bahan masakan yang tidak berkualitas
  3. Faktor kecerebohan dari karyawan

Faktor eksternal :

  1. Harga bahan makanan yang naik turun
  2. Persaingan usaha catering yang ketat
  3. Faktor X atau non teknis

Nah, beberapa faktor di atas harus kamu tangani sejak dini, karena kalau tidak segera dicari jalan keluarnya bisa menyebabkan kerugian bahkan kebangkrutan usaha.

Cara mengatasi kerugian pada usaha catering:

Citarasa yang enak dalam bisnis kuliner memang menjadi faktor yang penting, maka dari itu dalam menjalankan sebuah usaha citarasa harus dijaga dan dipertahankan.

Memilih kualitas bahan masakan sangat menentukan hasil makanan enak dan bergizi, memilih atau membeli bahan yang tidak memenuhi standar bisa berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, teliti dan berhati-hatilah dalam memilih ya.

Harga bahan pokok yang naik turun di pasaran memang akan berpengaruh terhadap bisnis di bidang kuliner. Untuk mengatasinya kamu bisa membuat sistem pembayaran mingguan untuk paket rantangan, atau bisa membuat perjanjian dengan konsumen jika harga sewaktu-waktu bisa berubah mengikuti perkembangan harga makanan di pasaran.

Tingkat persaingan yang ketat bisa diatasi dengan meningkatkan kualitas citarasa makanan yang enak dan pelayanan yang baik.

Membuat jaringan pemasaran yang solid dan promosi yang tepat sasaran, menjalin hubungan baik dengan para pesaing, jika perlu kamu bisa menjadikannya sebagai mitra bisnis.

Tips sederhana ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi pelaku bisnis catering nasi kotak, prasmanan, harian dan lainnya untuk mengurangi atau memperkecil resiko kerugian.