Mengenal Lebih Dekat Alat Reproduksi Wanita

Untuk menambah pengetahuan anda, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui alat reproduksi wanita dan fungsinya. Karena alat reproduksi menjadi satu pengetahuan yang penting untuk diketahui siapa saja baik wanita maupun pria. Terutama bagi wanita, mengetahui bagian organ alat reproduksi pada tubuhnya akan mampu memberikan satu penguatan untuk mampu merawat diri dengan baik.

Alat reproduksi merupakan organ pada tubuh makhluk hidup yang digunakan untuk fungsi reproduksi makhluk hidup. Dengan demikian maka kelestarian jenis makhluk hidup tersebut akan mampu terjamin dengan baik selama alat reproduksi berfungsi dengan baik.

Alat-reproduksi-wanita

Setiap makhluk hidup tentu memiliki fungsi reproduksi termasuk manusia. Baik alat reproduksi tersebut berada pada pria maupun wanita.

Berikut ini adalah info mengenai bagian organ alat reproduksi pada wanita dan juga fungsinya. Beberapa bagian alat reproduksi pada wanita diantaranya ialah sebagai berikut ini:

Vagina – Merupakan bagian otot selaput yang menghubungkan rahum dengan bagian luar. Vagina merupakan lapisan terluar yang memiliki selaput lendir, tersusun atas otot dan juga jaringan yang berserat.

Fungsinya adalah sebagai jalan lahir bayi, sebagai tempat dalam berhubungan seks, dan sebagai saluran mengalirkan darah maupun lendir saat menstruasi.

Uterus – Uterus adalah nama lain dari rahim dengan bentuk seperti buah pir yang disusun lapisan otot. Fungsi rahim adalah sebagai tempat berkembangnya janin.

Tuba Fallopi (Oviduk) – Yaitu bagian penghubung antara uterus dengan ovarium. Fungsinya ialah untuk menyalurkan spermatozoa dan ovum, sebagai tempat perkembangan hasil pembuahan sebelum masuk ke uterus, penangkap ovum, dan sebagai tempat pembuahan.

Ovarium – Ovarium adalah nama lain dari indung telur, yaitu kelenjar reproduksi wanita yang berbentuk oval dengan panjang sekitar 2,5cm hingga 4cm. fungsi dari ovarium adalah untuk menghasilkan ovum atau sel telur dan penghasil hormon seks paling utama.

Mons Veneris – Bagian yang akan menonjol yang menutupi tulang kemaluan dan tersusun dari karingan lemak serta jaringan ikat.

Labia Mayora – Bagian ini mirip dengan bentuk bibir yang tersusun atas jaringan lemak, rambut saat dewasa, dan kelenjar keringat. Ulasan by: obatkurap19.com