Sakit Gigi, Apa Saja Gejalanya dan Kapan Harus Berobat?

Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit gigi, bukan? Tidak memandang umur, sakit pada gigi bisa dirasakan oleh siapa pun, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyebab umumnya seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis akan membuat gejala sakit gigi semakin parah.

Anak-anak merupakan umur yang paling mudah mengalami gigi sakit karena mereka sering kali mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung pemanis, seperti permen, cokelat, dan sebagainya. Belum lagi mereka yang malas menyikat giginya sehingga semakin bertambah parah pula gejala-gejalanya.

Gejala Timbulnya Sakit Gigi

Sakit gigi memiliki keparahan yang bervariasi, mulai dari yang masih ringan-ringan saja tapi tetap tidak nyaman sampai yang sudah semakin parah hingga sakitnya sulit tertahankan lagi. Perlu Anda ketahui jika Anda belum pernah sakit gigi, rasa nyerinya seperti berdenyut dan terasa seperti tertusuk-tusuk.

Maka dari itulah, saat Anda sudah mulai merasakan gejala yang berasal dari sakit gigi, lebih baik segera atasi dengan cepat agar tidak semakin bertambah parah. Dari gejala-gejala yang sangat umum, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Bau Busuk

Gejala sakit gigi yang pertama yaitu bau busuk. Bau yang tidak sedap yang keluar dari mulut menjadi gejala yang sangat umum sekali dirasakan penderitanya. Bau tersebut berasal dari kuman-kuman yang mengumpul di dalam gigi dan menggerogoti sisa makanan yang masih menempel di gigi. Akibatnya, mulut pasti akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

2. Nyeri

Rasa nyeri menjadi gejala yang paling umum terjadi juga selain bau busuk dari mulut. Rasa nyeri yang terjadi pada setiap orang masih beragam seperti yang tadi sudah sempat dibahas. Mulai dari yang ringan sampai yang sudah semakin parah.

Saat nyerinya masih ringan, Anda hanya akan merasakan nyut-nyut yang masih biasa saja tapi tetap saja memberikan rasa tidak nyaman untuk Anda mengunyah. Namun, ketika sudah semakin bertambah parah, rasa nyeri tersebut akan semakin terasa sampai Anda tidak dapat menahannya lagi.

3. Gigi menjadi sensitif

Tidak sedikit orang memiliki gigi yang sensitif, tapi bagi penderita sakit gigi, tentunya giginya akan menjadi lebih sensitif, terutama saat mengkonsumsi makanan maupun minuman yang dingin dan panas. Ketika mengkonsumsinya, gigi akan menjadi terasa nyeri dan rasa tersebut akan seperti menyebar ke seluruh bagian mulutnya.

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Terdapat beberapa gejala sakit gigi yang perlu Anda waspadai. Ketika Anda mulai merasakan gejala tersebut, segera ke dokter agar dapat dilakukan perawatan lebih lanjut.

1. Nyeri yang sudah berlangsung lebih dari 2 hari.

2. Demam tinggi selama beberapa hari.

3. Nyeri yang tidak dapat ditahan lagi meskipun sudah mengkonsumsi obat penurun nyeri.

4. Bengkak dan gusi berwarna merah.

5. Telinga sakit, terutama saat membuka mulut.

Dari gejala-gejala yang timbul karena sakit gigi, ada baiknya Anda segera atasi agar tidak semakin bertambah parah. Tapi, tidak ada salahnya kalau Anda melakukan cek gigi secara rutin agar Anda bisa cepat mengetahui terlebih dahulu bagian mana yang gigi mulai berlubang.