Sebenarnya, Berapa Sih Harga Jasa Desain Rumah?

Meskipun ada penawaran desain gratis dari arsitek, Anda harus lebih bijaksana sebagai pemilik rumah, karena ini sebenarnya melanggar etika profesional arsitek. Biaya tinggi adalah alasan utama mengapa orang enggan menggunakan jasa desain rumah ini. Biaya untuk desain arsitektur dapat disesuaikan tergantung pada kesepakatan antara pelanggan dan arsitek yang dipilihnya.

Fluktuasi harga untuk Layanan Arsitek

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah menetapkan biaya arsitektur hunian standar; IAI telah menetapkan biaya arsitek sebesar 7% dari total nilai proyek. Ada juga arsitek yang menghitung biaya referensi per meter persegi.

Harganya bervariasi, ada ratusan ribu hingga jutaan rupiah per meter persegi. Itu sangat tergantung pada pengalaman, kualitas dan kompetensi arsitek itu sendiri. Terkadang arsitek dapat menawarkan harga yang terjangkau.

Ini terjadi ketika dia berpikir proyek yang akan dikerjakannya merupakan tantangan. Proyek ini kemudian menjadi portofolio karya untuk karier arsitek. Biaya arsitek biasanya ditetapkan ketika arsitek menerbitkan gambar desain. Ada arsitek yang menentukan biaya desain dalam kolom terpisah, ada arsitek yang memasukkan biaya desain dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya).

Perencanaan Struktural dan Mekanik Listrik (ME)

Untuk perencanaan listrik struktural dan mekanik (ME), ini biasanya ditentukan secara terpisah dan nilainya tergantung pada seberapa luas bangunan diproses. Nilai 7% dari total nilai bangunan memang tinggi, terutama jika anggarannya terbatas. Namun, dengan jasa arsitek, Anda mendapatkan gambar desain dua dimensi dan tiga dimensi, gambar yang berfungsi sebagai referensi untuk implementasi lapangan, rencana anggaran (RAB) sebagai referensi bagi pelanggan, biaya proyek , spesifikasi teknis bahan, pemantauan rutin selama pelaksanaan proyek berada di lokasi setiap 2 minggu sekali dan menjadi lebih intens ketika proses penyelesaian akhir berlangsung. Anda tidak akan mendapatkan fasilitas ini jika Anda membangunnya sendiri tanpa pengawasan seorang arsitek. Di masa depan, Anda juga akan lega. Risiko kesalahan perencanaan juga dapat dikurangi sehingga Anda tidak perlu membongkar bangunan karena pemasangan yang salah.

Revisi Gambar

Arsitek biasanya menawarkan kesempatan untuk merevisi gambar konstruksi tiga hingga lima kali sebelum konstruksi dimulai. Pada titik ini tentu saja Anda dapat menentukan desain terbaik untuk rumah dengan bantuan arsitek. Jika Anda melakukan renovasi nanti, Anda tidak perlu membayar lagi karena struktur asli bangunan memiliki jaminan kualitas yang lebih tinggi berkat perhitungan yang tepat dari arsitek. Anda hanya perlu membayar biaya renovasi untuk perbaikan. Bagaimana jika seseorang menawarkan desain gratis?

Penyedia layanan desain ini tidak harus orang-orang dengan pengetahuan arsitektur. Desain yang ditawarkan bisa jadi desain orang lain yang dibawa pulang. Tanpa perhitungan yang akurat dan pertimbangan kenyamanan, risiko desain yang tidak pantas bahkan lebih besar. Jadi berhati-hatilah saat memilih arsitek. Seorang arsitek juga bisa lebih efisien, bukan?