Sejarah Sarang Burung Walet

 

Sarang burung walet adalah makanan yang benar-benar punya nilai selama histori kuliner etnis tionghua; dari raja-raja kerajaan Tiongkok dulu sampai ke rakyat jelata sekarang. Tetapi, banyak yang bertanya perihal asal usul makanan eksotis yang mengetahui bukan asli dari Tiongkok. Mari Baca Tentang Sarang Walet Disini Http://Perusahaan.topseo.co.id

Seorang sejarawan asal Melaka, Lin Biao sudah mendapatkan beberapa skriptur yang mengagaskan bahwa Admiral Zheng He yang mempopulerkan makanan eksotis ke Tiongkok pada abad-17. Dalam skriptur tersebut, Zheng He dan armada kapal yang sedang bernavigasi di laut sempat terperangkap badai topan yang benar-benar kuat. Pada kala itu, Admiral Zheng He pun memutuskan untuk melacak perlindungan di kepulauan kurang lebih Kepulauan di dekat peninsula Malaysia.

Dengan makanan dan air minum yang tidak memadai, para pelaut di armada Admiral Zheng He pun mulai kelaparan. Menyadari kondisi sudah jadi gawat, mereka pun mulai melacak benda apa saja yang mampu dimakan… dan tidak benar satunya adalah sarang burung walet yang melekat di dinding goa. Tanpa menyimpan harapan yang tinggi, mereka pun memasak dan memakan sup sarang walet yang pertama di dunia. Tidak disangka-sangka, ternyata keesokan harinya, para awak kapal yang sudah memakan sarang burung walet sudah pulih dan bersemangat. Baca Juga Disini : Sarang Walet

Menyadari potensi yang dimiliki sarang burung walet, Admiral Zheng He segera memanen sarang burung pertama yang dihadiahkan ke raja dinasti Ming (1368 – 1644 AD); Raja Ming Chengzu.

Dari situlah, sarang burung walet mulai menjadi populer di kalangan royalti kerajaan di Tiongkok.

Meskipun sarang burung walet raih kepopulerannya relatif telat di histori kuliner Tiongkok, tersedia beberapa sumber yang mengindikasikan bahwa sarang burung walet sudah diperdagangkan sejak jaman Dinasti Tang (618 – 907 AD) di kepulauan Borneo.

Dengan panjangnya histori perdagangan sarang burung walet, wajarlah kecuali tersedia yang mempertanyakan apakah sarang burung walet itu memang mempunyai khasiat-khasiat kebugaran seperti: mendukung pencantikan kulit, kurangi dampak penyakit pernafasan dan pemulihan energi.

Dari riset-riset saintifik yang sudah dilakukan, khasiat berikut pun menunjukan indikasi kecuali khasiat kebugaran berikut bukan bohong belaka. Di tahun 1982, ilmuwan Jerman bernama R. Schauer sukses mengisolasi Sialic Acid dari sarang burung walet. Sialic acid ini berperan mutlak didalam mendukung perkembangan otak bayi. Demikian pula seorang ilmuwan dari kampus Hong Kong bernama Y.C. Kong juga mendapatkan kandungan Epidural Growth Factor (EGF) yang mampu membawa dampak perkembangan sel di tubuh kita.

Pada tahun 2006, sekelompok ilmuwan Jepang pun mendapatkan bukti kuat kecuali sarang burung walet adalah suplemen yang benar-benar mempan untuk menangulangi virus influenza.

Burung walet (Collocalia vestita) merupakan burung dengan sayap meruncing, berekor panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat. Burung walet hidup di pantai serta daerah permukiman, menghuni gua atau area besar, layaknya bubungan kosong. Burung Walet tidak mampu bertengger karena mempunyai kaki yang benar-benar pendek supaya benar-benar jarang berdiri di atas tanah tetapi mampu melekat pada dinding tembok atau atap. Mampu terbang ditempat gelap dengan perlindungan Ekolokasi. Bersarang secara berkelompok dengan sarang yang dibuat dari air liur. Sarang ini banyak diperdagangkan orang untuk dibuat sup atau bahan obat-obatan.

Habitat atau kumpulan komunitas Burung walet cuma ditemui di lingkup Asia Tenggara burung walet banyak sekali dijumpai di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina Kamboja, dan Laos, Burung Walet tidak di temui di negara Eropa, Amerika, ataupun di benua afrika. Hal ini dikarenan perkembang biakan burung walet kudu di daerah yang beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. karena berpengaruh dengan unsur kelembaban sebagai faktor berkembang biaknya habitat spesies atau populasi dari burung walet.

Sarang Burung walet mempunyai fungsi yang mutlak bagi kesehatan, pada lain:butuh rujukan]butuh rujukan

sebagai obat batuk kering;
mempertahankan kecantikan kulit;
mengatasi keluhan paru-paru;
mengobati kerusakan pembuluh darah;
meningkatkan nafsu makan;
sumber antioksidan;
sumber mineral untuk sistem kekebalan tubuh;
membuat kulit menjadi cantik;
mencerdaskan otak.

Sarang burung walet atau disebut Edible bird’s nest dibuat dari Air liur burung walet itu sendiri tanpa tersedia campuran dari bahan dari luar tubuhnya, Burung Walet membawa dampak sarang di langit langit gua atau plafon gedung dengan tujuan hindari predator. Sarang burung dibuat untuk menyimpan telur dari hasil berkembang biak nya burung walet.

Taksonomi burung walet secara umum rumit, dengan pembatasan jenis dan spesies yang banyak diperdebatkan. Analisis tingkah laku dan suara adalah rumit pada evolusi paralel secara umum, kala kesimpulan karakter morfologi dan beragam tes DNA menunjukkan keseragaman dan hasil yang {beberapa|sebagian|lebih dari satu} bertentangan.

Ordo Apodiformes berkembang pada jaman Eocene di mana bagian keluarga yang kini punah tetap ada, fosil umum ditemukan diseluruh bagian Eropa yang hangat, wilayah pada Denmark dan Prancis, misal burung primitif Scaniacypselus (Awal – pertengahan Eocene) dan yang lebih modern burung Procypseloides (akhir Eocene/awal Oligocene – Awal Miocene). Jenis prasejarah kadang dihubungkan dengan burung walet, layaknya Primapus