Serunya Berwisata di Benteng Vredeburg Yogyakarta

Saat Indonesia masih dijajah Belanda mereka membuat bangunan yang digunakan untuk mempermudah mereka dalam mempertahankan kekuasaan mereka selama mungkin. Di Jogja, Belanda pun membangun banyak bangunan seperti rumah, kantor bahkan mereka juga membuat sebuah benteng pertahanan yang diberi nama Benteng Vredeburg. Benteng ini didirikan oleh Belanda selain sebagai benteng pertahanan yang berlokasi di daerah kekuasan Kesultanan Yogyakarta, sebuah kerajaan baru pasca terjadinya Perjanjian Giyanti.

Benteng Vredeburg  yang berarti Benteng Perdamaian dibangun pada abad ke-18. Benteng ini telah mengalami berbagai macam renovasi dan saat ini bangunan benteng khususnya dinding pertahanan masih bisa dilihat oleh masyarakat Jogja yang melintasi Jalan Malioboro. Untuk bangunan yang ada di dalamnya merupakan bangunan yang tergolong baru. Menara pantau atau bastion di keempat sudut benteng yang berfungsi untuk mengawasi gerak-mush masih dalam kondisi baik.

Ketika masih digunakan oleh Belanda, di dalam benteng berdiri beberapa bangunan seperti bangunan rumah perwira, asrama prajurit, gudang logistik, gudang peluru, rumah sakit, ruang tahanan, dan beberapa bangunan lainnya. Saat masih berfungsi sebagai benteng pertahanan, Benteng Vredeburg bisa menampung hingga  500 orang, termasuk tentara, petugas medis dan pegawai Belanda. Selain itu benteng ini juga dipakai sebagai tempat berlindung warga negara Belanda yang tinggal di Kota Jogja. 

Sekarang Benteng Vredeburg telah berubah menjadi sebuah museum. Bangunan yang ada di dalam benteng diperbaiki dan di isi diorama-diorama tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia menghadapi Belanda. Wisatawan bisa berkeliling dan melihat ruangan yang berisikan diorama-diorama. Wisatawan yang datang ke benteng ini dapat  berjalan kaki melihat kondisi benteng dari berbagai sudut atau bisa juga naik ke bagian atas benteng dan memandangi jalanan Kota Jogja dari atas benteng. Selain itu mereka juga bisa bersantai di taman yang ada di benteng ini.

Pengunjung bisa mengabadikan momen mereka di dalam benteng yang tentunya sangat unik dan menarik. Hasilnya pun bisa dipamerkan di media sosial mereka. Jadi jika sedang liburan ke Jogja, Benteng Vredeburg bisa menjadi pilihan paket wisata murah Jogja.

Lokasi Benteng Vredeburg:

Benteng Vredeburg ini berada di kawasan pusat kota Jogja tepatnya di Jl. Margo Mulyo / Jl. A. Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi benteng ini di sisi selatan Jl. Malioboro atau seberang Gedung Agung.

Tiket Masuk Benteng Vredeburg:

Untuk masuk ke benteng ini akan dikenai tiket masuk sebesar Rp. 3.000,-  per orang. selain parkir jika menggunakan kendaraan pribadi saat mengunjungi Benteng Vredeburg.

Tip Wisata:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk jalan-jalan.
  3. Pastikan kamera atau hp Anda penuh baterainya.
  4. Bawa air mineral untuk mengusir dahaga.
  5. Jaga kebersihan lingkungan.