Tips Menghilangkan Memar yang Efektif dan Benar

Mempunyai memar, secara khusus di komponen tubuh yang cukup aktif, seperti tangan atau kaki, sudah pasti akan mengganggu keseharian Anda. Kecuali rasa sakit yang membikin tak nyaman, memar yang kelihatan membiru barangkali bisa mengganggu penampilan juga.

Memar merupakan terperangkapnya darah di bawah kulit sebab kerusakan pembuluh darah. Darah yang terperangkap malahan akan diresapi lagi oleh tubuh sehingga meninggalkan bekas kebiru-biruan atau ungu pada kulit. Untuk menolong mempercepat hilangnya memar, tersedia sebagian perihal yang dapat Anda lakukan. Bermacam metode menghalau memar ini termasuk dapat Anda cobalah sendiri di rumah. Salah satu penyebab memar kadang kala karena setelah olahraga.

Metode menghalau memar
Memar biasanya berjalan sebab benturan bersama dengan benda keras, terjatuh, keseleo, maupun mengerjakan olahraga berat. Tidak cuma memunculkan perubahan warna pada kulit, luka memar termasuk dapat merasa nyeri.

Memar umumnya akan sirna didalam sementara 2-3 pekan, tapi beberapa kasus memar bisa bertahan lebih lama. Ada sebagian pengobatan rumahan bisa mempercepat pengobatan dan memudarkan warna memar. Berikut metode mengobati luka memar yang bisa Anda coba yang dikutip dari prosehat :

Kompres es
Mengompres es sesegera barangkali pada zona yang cedera bisa mendinginkan pembuluh darah sehingga mengurangi jumlah darah yang bocor ke jaringan di sekitarnya. Metode mengobati luka memar ini bisa menghambat memar nampak terang dan mengurangi pembengkakan.

Pakai es yang dibalut kain atau handuk, selanjutnya letakkanlah pada zona yang cedera selama 10 menit. Tunggu 20 menit untuk mengulanginya kembali.

Posisikan zona tubuh yang mengalami memar lebih tinggi
Posisikan komponen tubuh yang memar berada lebih tinggi berasal dari dada. Umpamanya, kalau memar tersedia di kaki karenanya saat duduk atau tidur, sangga kaki bersama dengan mengaplikasikan bantal.

Metode menghalau memar ini bisa menolong meredakan rasa sakit dan mengeluarkan cairan berasal dari zona yang memar sehingga menolong progres pengobatan lebih kencang.

Kompres air hangat
Sesudah sebagian hari mengompres bersama dengan es, cobalah mengompres bersama dengan air hangat. Air hangat bisa tingkatkan peredaran dan aliran darah sehingga menolong membersihkan darah yang terperangkap pada memar.

Bukan cuma itu, metode menghalau memar ini termasuk bisa melonggarkan otot yang tegang dan meredakan rasa sakit. Anda dapat kompres air hangat sesudah memar berjalan 2 hari.

Menerapkan perban
Anda barangkali pernah mengamati pemain sepak bola yang cedera kemudian di perban. Pengaplikasian perban elastis sebagai metode mengobati luka memar, ialah bisa mengurangi keparahan, menolong mengurangi rasa sakit, dan pembengkakan. Oleh karena itu, Anda bisa coba membalut zona yang memar bersama dengan perban elastis.

Mengoleskan arnica topikal
Arnica merupakan obat herbal yang banyak dipakai untuk nyeri dan memar. Dalam arnica, terkandung senyawa yang mempunyai karakter antiperadangan sehingga menolong menyelesaikan memar. Sebagian penelitian malah menemukan bahwa arnica berpotensi menjadi obat memar yang tepat sasaran.

Sebuah belajar mengucapkan bahwa mengoleskan salep arnica 20% pada kulit bisa mempercepat sementara pengobatan memar seandainya diperbandingkan bersama dengan palasebo. Arnica topikal tersedia didalam wujud gel atau salep, dan pilihlah setidaknya yang punya kandungan 20% arnica. Ikuti pantas pertanda pengaplikasian dan stop kalau berjalan keadaan sulit pada kulit, seperti ruam dan gatal.

Menerapkan bromelain
Bromelain merupakan campuran enzim yang terkandung didalam nanas. Enzim ini mempunyai karakter antiperadangan yang cakap menolong mengurangi memar dan sembab saat diaplikasikan pada kulit. Anda bisa mengoleskan krim atau gel yang punya kandungan bromelain 2-3 kali sehari pantas pertanda didalam label.

Suplemen bromelain termasuk kadang-kadang dianjurkan untuk menolong meminimalkan memar sesudah operasi. Melainkan, mengkonsumsi bromelain semestinya dilaksanakan pantas saran dokter. Kecuali itu, pengaplikasian bromelain termasuk semestinya dihindari kalau Anda alergi kepada nanas.

Krim vitamin K
Krim vitamin K adalah salah satu obat memar yang aman dipakai oleh biasanya orang. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa krim vitamin K rupanya mengurangi keparahan memar sesudah perawatan laser.

Anda bisa mengoleskan krim vitamin K bersama dengan lembut pada zona yang memar setidaknya dua kali sehari. Melainkan, senantiasa ikuti pertanda pada label kemasan yang ada.

Gel lidah buaya
Gel lidah buaya diandalkan cakap mengurangi rasa sakit dan peradangan. Oleskan gel ini pada zona yang memar untuk menolong memudarkannya. Melainkan, pastikan Anda mengaplikasikan gel lidah buaya yang murni. Bacalah label kemasan bersama dengan bagus supaya tidak salah didalam mengaplikasikannya.

Menerapkan vitamin C
Vitamin C mempunyai karakter antiperadangan yang bisa dipakai untuk mengobati luka. Vitamin ini tersedia didalam wujud gel, krim, dan serum yang bisa Anda aplikasikan pada kulit yang memar.

Kecuali itu, vitamin C gampang ditemukan didalam wujud suplemen yang bisa Anda konsumsi. Mengkonsumsi sayur dan buah yang punya kandungan vitamin C termasuk bisa menjadi metode menghalau memar yang tepat sasaran.

Tags: